Senin, 12 Desember 2016

Hasil Laporan Observasi

















LAPORAN OBSERVASI
PT. SAMUDRA TEKNINDO HYDRAUMATIC










Di Susun Oleh    :


Aas Agustin Safitri     ( 1510631120001 )
Ahmad Cahyadi          ( 1510631120005 )
Ahmad Taufik             ( 1510631120008 )
Desi Puspitasari           ( 1510631120020 )
Dwi Arsyawati            ( 1510631120022 ) Fajri Maulana                   ( 1510631120027 )
Febriantoro                  ( 1510631120028 )
Melinda                       ( 1510631120043 )
Siti Farhah                   ( 1510631120019 )



Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas  mata kuliah Etika Bisnis Manajemen Pendidikan Islam Kelas 3A dengan dosen pembimbing Bapak Dr. H Toha Hasan, Drs., MM
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Jl.H.S. Ronggowaluyo, Teluk Jambe Timur, Karawang
Tahun Ajaran 2015 – 2016

LEMBAR PENGESAHAN




Karawang, 05 Desember 2016



Dosen Pengampu                                                                                Ketua





Ulfah Fitriyah, S.Pd.I,. M.Pd.I                                                           Febriantoro                                                                                                                 









                                                                                                                  








KATA PENGANTAR


Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-NYA, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Etika Bisnis dengan judul Laporan Observasi PT Samudra Teknindo Hydraumatic
Selanjutnya pada kesempatan ini perkenankanlah kami menyampaikan terimakasih kepada :
  1. Heryadi Rachman yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada kami sehingga terwujudnya makalah ini.
  2. Semua pihak yang tidak sempat kami sebutkan satu per satu yang turut membantu kelancaran dalam penyusunan makalah ini.
Saya sadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Akhirnya dengan iringan do’a yang tulus ikhlas semoga laporan ini dapat bermanfa’at bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.


Karawang, 05 Desember 2016


Penulis










DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan ............................................................................................................... ii
Kata Pengantar ..................................................................................................................... iii
Daftar Isi .............................................................................................................................. iv
BAB I PENDAHULUAN
A.           Latar Belakang ............................................................................................................. 1
B.            Rumusan Masalah ........................................................................................................ 1
C.            Tujuan Penuliasan ........................................................................................................ 2
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.           Pengertian Divisi .......................................................................................................... 3
B.            Pengertian Plant ........................................................................................................... 3
BAB III METODE PENELITIAN
A.           Lokasi dan waktu penelitian ........................................................................................ 4
B.            Metode pengumpulan data .......................................................................................... 4
C.            Sumber data ................................................................................................................. 5
D.           Teknik analisa data ...................................................................................................... 5
BAB IV PEMBAHASAN
A.           Profil PT Samudra Teknindo Hydraumatic ................................................................. 6
B.            Visi, misi, tujuan dan sasaran PT Samudra Teknindo Hydraumatic ............................ 7
C.            Produksi dari PT Samudra Teknindo Hydraumatic ..................................................... 8
D.           Bagaimana cara mengukur kepuasan pelanggan .......................................................... 8
BAB V PENUTUP
A.           Kesimpulan ................................................................................................................ 11
B.            Saran .......................................................................................................................... 11


BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar belakang
Dalam era yang serba modern seperti saat ini, tingkat persaingan bisnis yang tinggi membuat perusahaan berlomba-lomba untuk mempertahankan, memenangkan persaingan pasar serta memperluas keeksistensiannya. Industri sejenis akan selalu berusaha memperebutkan pasar yang sama. Imbas dari persaingan itu tentunya sangat jelas dimana konsumen kemudian menjadi semakin kritis memilih yang terbaik bagi mereka. Maka dari itu pemasaran perlu mengetahui dan mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen, serta karakter yang dimiliki konsumen.
Salah satu bidang usaha yang berkembang pesat saat ini adalah retail. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya usaha retail di Indonesia karena banyaknya permintaan masyarakat dan gaya hidup masyarakat yang semakin modern, yakni lebih menyenangi suasana kenyamanan berbelanja, kemudahan dalam menemukan produk, kepraktisan dengan harga terjangkau. Department Store merupakan suatu sarana berbelanja retail yang menawarkan berbagai jenis produk berbagai supplier untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

B.            Rumusan masalah
Berdasarkan uraian dari latar belakang diatas,maka secara umum rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana Profil PT Samudra Teknindo Hydraumatic ?
  2. Bagaimana Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PT Samudra Teknindo Hydraumatic?
  3. Apa saja yang diproduksi oleh PT Samudra Teknindo Hydraumatic?
  4. Bagaimana Program Kerja Oil & Gas Equipment di PT Samudra Teknindo Hydraumatic ?
  5. Bagaimana Analisis SWOT PT Samudra Teknindo Hydraumatic?
C.           Tujuan
1.      Untuk mengetahui tentang Profil PT Samudra Teknindo Hydraumatic.
2.      Untuk mengetahui tentang Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PT Samudra Teknindo Hydraumatic.
3.      Untuk mengetahui tentang produksi oleh PT Samudra Teknindo Hydraumatic.
4.      Untuk mengetahui tentang Program Kerja Oil & Gas Equipment di PT Samudra Teknindo Hydraumatic.
5.      Untuk mengetahui analisis SWOT PT Samudra Teknindo Hydraumatic


















BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.           Pengertian Divisi
Divisi dalam perusahaan adalah pembagian stuktur organisasi yang ada di dalam perusahaan. Setiap pembagian ini memiliki fungsi dan wewenang masing-masing didalam perusahaan tersebut. Semua divisi ini berjalan atas satu tujuan yang sama, yaitu perusahaan mampu untuk berjalan dengan sebagaimana mestinya.
Kepala divisi adalah seorang direktur dimana ia akan membagi perusahaan menjadi beberapa divisi perusahaan. Setiap divisi ini akan dikepalai oleh seorang kepala divisi bagian dimana tugasnya adalah mengontrol kerja dari setiap divisi. Dan, setiap divisi akan bertugas untuk menjalankan tugas tertentu didalam perusahaan.
Kepala divisi ini akan memberikan pertanggungjawaban kerja kepada General Manager sebagai posisi tertinggi didalam perusahaan. Sedangkan setiap kepala divisi bagian akan bertanggung jawab kepada kepala divisi ini.
B.            Pengertian Plant
Plant department  merupakan sebuah department  strategis  didalam sebuah perusahaan yang mengemban tanggung jawab dan tanggung gugat atas manajemen asset berupa equipment dan memastikan ketersediaannya yang layak untuk dapat dipergunakan oleh department lain sebagai user dimana akan merupakan usaha dalam hal pencapaian target produksi dan kegiatan terkait pada aktivitas pertambangan.
Dalam pengertian yang paling umum, tempat kedudukan perusahaan (plant location) adalah letak geografis bangunan, mesin-mesin, dan peralatan-peralatan yang dimiliki perusahaan yang digunakan untuk mengolah barang-barang dan/atau jasa-jasa.
Letak perusahaan sering pula disebut tempat kediaman perusahaan,yaitu tempat dimana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari.Sedangkan istilah tempat kedudukan perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahaan.
BAB III
METODE PENELITIAN

A.      Lokasi dan Waktu Penelitian
  1. Lokasi Penelitian
Tempat      : PT. Samudra Teknindo Hydraumetic
                    Jln. Raya Pinayungan No 88 Teluk Jambe Timur
                    Karawang Barat
  1. Waktu Penelitian
a.       Masa persiapan dilakukan pada tanggal 21 November 2016 dengan rangkaian mempersiapkan surat izin observasi ke PT Samudra Teknindo Hydraumetic.
b.      Masa Permohonan dilakukan pada tanggal 24 November 2016 dengan rangkaian memberikan surat permohonan izin observasi ke Pihak PT Samudra Teknindo Hydraumetic melalui Supervisor.
c.       Masa Observasi dilakukan pada tanggal 24 November & 1 Desember 2016
d.      Masa Penyusunan Laporan dilakukan tanggal 05 – 07 Desember 2016 dengan rangkaian penyusunan laporan dari proses editing, proses pengetikan sampai percetakan.
B.            Metode Pengumpulan Data
Di dalam peyusunan penulisan ilmiah ini penulis memerlukan sumber-sumber data. Untuk mempermudah penelitian ini peneliti menggunkan beberapa metode pengumpulan data, diantaranya adalah:
  1. Observasi
Dalam penelitian ini observasi akan dilakukan dengan cara peneliti langsung terjun kelapangan tepatnya di Kantor PT Samudra Teknindo Hydraumetic.
  1. Wawancara
Wawancara dilakukan untuk menganalisa respon atau tanggapan mengenai permasalahan yang dirumuskan oleh kami. Dalam metode wawancara ini peneliti akan melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang langsung berkaitan yaitu: Bapak Heryadi Rachman selaku supervisor PT Samudra Teknindo Hydraumetic.
  1. Tinjauan Pustaka
Kami mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan pengetahuan berbahasa dari beberapa situs di internet.
C.           Sumber Data
1.             Data Primer
Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari tempat penelitian (lokasi penelitian) dan merupakan data yang diperoleh dari sumber pertama  yaitu seperti hasil wawancara dan observasi yang berupa keterangan-keterangan dari pihak-pihak yang terkait. Hal ini untuk mendapatkan informasi mengenai Profil, Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PT Samudra Teknindo Hydraumetic.
2.             Data Sekunder
Data sekunder merupakan data yang diperoleh peneliti bukan dari cara peneliti sendiri tetapi dikumpulkan oleh orang lain. Dalam data sekuder ini peneliti Program Promosi PT Samudra Teknindo Hydraumetic Tahun 2016.

D.           Teknik Analisa Data
Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisa Deskriptif kualitatif, yaitu menganalisis data-data yang sudah terkumpul kemudian mengkaitkan antara data-data yang sudah terkumpul dari proses pengumpulan data yaitu melalui wawancara dan observasi. Dalam penerapannya, tehnik ini digunakan untuk Analisi SWOT PT Samudra Teknindo Hydraumetic.

BAB IV
PEMBAHASAN

A.           Profil Perusahaan
Nama               : PT Samudra Teknindo Hydraumetic
Alamat                        : Jln. Raya Pinayungan No 88 Teluk Jambe Timur Karawang Barat
Telepon           : +62 267 8457505
Faksimili          : +62 267 8457505
Situs Web        : www.samudrateknindo.com
Jenis Usaha     : Manufacture
Direktur           : Tjiong Henry

1.             Sejarah Perusahaan
PT. Samudra Teknindo Hydraumatic merupakan perusahaan perseroan terbatas yang didirikan pada tanggal 09 September 1989, yang mengkhususkan pada pekerjaan yang membutuhkan kualitas tinggi, berstandar Internasional dan selalu mengutamakan keselamatan pekerja, property dan lingkungan.
Kami selalu mengutamakan keselamatan serta selalu menjaga kualitas pekerjaan. PT.Samudra Teknindo Hydraumatic telah berpengalaman dan mampu mengerjakan pekerjaan-pekerjaan sebagai berikut:
a.    Fabrication Vessel ( Pressure & Non Pressure Part ) Piping, Metering etc
b.    Steel Structure Fabrication
c.    Hydraulic & Pnematic Equipment
d.   Metal Treatment : PVD Coating, Electroless Nickel Plating ( ENP/NiP )
e.    General Machunung and Presision Part



B.            Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Perusahaan
a.         Visi dari PT. Samudra Teknindo Hydraumetic adalah :
Mengelola PT. Samudra Teknindo Hydraumetic menjadi perusahaan Design and Manufacture & Commissioning Hydromatic System Oilfield & Marine Equipments Pressure Vessel & Steel Structure Pubrication yang didukung oleh sumber daya yang handal, dengan mengutamakan keefektifan dan keefisienan
b.      Misi dari PT. Samudra Teknindo Hydraumetic adalah :
 PT. Samudra Teknindo Hydraumetic merupakan sebuah perusahaan, Design and Manufacture & Commissioning Hydromatic System Oilfield & Marine Equipments Pressure Vessel & Steel Structure Pubrication, yang menyediakan barang dan jasa berkualitas tinggi mencakup, aspek teknis, biaya, pengiriman, dan keamanan dalam ranka memperoleh laba untuk pertumbuhan perusahaan, memberi manfaat kepada karyawan dan pemegang saham serta mengembangkannya secara terus menerus.
c.       Tujuan pokok kami adalah untuk mencapai hasil yang maksimal sesuai visi dan misi.
d.      Sasaran mutu dari PT. Samudra Teknindo Hydraumetic Departemen Produksi dan Pabrikasi adalah:
1.      Depatemen Produksi:
a.       Menerima NCR dari customer
b.      Memberi pelatihan kepada operator dan teknisi
2.      Departemen Pabrikasi:
a.       Mendapatkan non conpormance report and corrective action request of produc
b.      Keterlambatan delivery








C.           Produksi PT Samudra Teknindo Hydroumatic
1.             Plant A
Divisi Supporting          Cutting         Stamping        Finishing
Bagian ini ialah yang mendukung  proses pabrikasi lain, sedangkan yang memproduksinya di Divisi lain.
2.             Plant B
Divisi Machining Center ( Proses Bubut, Milling), Divisi ini adalah yang membuat piston, seperti piston motor, piston mobil. Disini juga untuk mengahaluskan barang-barang yang masih kasar, melubangi besi, membelah koin dan membentuk besi sesuai keinginan. Dalam divisi ini membuatnya sesuai perintah komputer
3.             Plant C
Divisi Oil & Gas Equipment, yaitu dimana dalam plant ini membuat Tangki, pipa saluran minyak dan gas. Disini juga proses pengecatan dimana benda yang awalnya berwarna hitam atau berkarat akan dicat ulang sesuai warna pesanan. Dan di Divisi ini juga bisa untuk menyuply gas.
4.             Plant D
Divisi Fabrikasi Steel Structure adalah perusahaan baru atau perusahaan lain  yang membutuhkan bangunan di buat disini.
D.           Pengukuran Kepuasan Pelanggan
Proses Pengukuran
a.       Record jumlah keluhan pelanggan perbulan
b.      Catat keluhan pelanggan menggunakan form Customer Complaint
c.       Survey kepuasan pelanggan
·         Survey dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun terhadap pelaksanaan pekerjaan yang diselesaikan pada tahun berjalan
·         Metode survey engan menyebarkan angket / kuisioner terhadap pelanggan PT Samudra Teknindo Hydraumatic
·         Kuisioner diberikan kepada minimal 3 orang responden yang dianggap mewakili pelanggan
·         Respon dari para rsponden diharapkan dapat diterima kembali maksimal 10 hari kalender sejak kuisioner diterima oleh para responden
d.      Penilaian Kepuasan Pelanggan
·         Kuisioner bermaterikan bagian-bagian paling penting yang diinginkan oleh pelanggan, yang secara umum dibagi dalam 3 kategori :
Ø  Faktor yang berhubungan dengan produk (harga, kualutas, performance dan keandalan)
Ø  Faktor yang berhubungan dengan pelayanan (jaminan, respon, dan cara pemecahan permasalahan)
Ø  Faktor yang berhubungan dengan pembelian (pengalaman, kemudahan dan kenyamanan)
·         Setiap kategori diberikan angka penilaian dengan interval sangat kurang sampai dengan sangat memuaskan
·         Dari angaka penilaian para responden tersebut akan diperoleh nilai kinerja yang akan menggambarkan kemampuan PT Samudra Teknindo Hydraumatic dalam memenuhi keinginan pelanggan dan perbandingannya dengan para kompetitor dengan bidang sejenis
e.       Analisa Kepuasan Pelanggan
·         Maksimal satu keluhan pelanggan yang diterima dan ditindak lanjuti dalam jangka waktu satu bulan. Penerimaan keluhan pelanggan dari telepon, fax dan email
·         Hasil survey akan dianggap mewakili untuk dapat dihitung sebagai dasar pengukuran tingkat kepuasan pelanggan apabila minimal 75% dari pelanggan yang di survey memberikan respon
·         Respon dari para responden setelah di konfersikan dengan nilai dari setiap bagian yang di survey selanjutnya akan dibagi dengan jumlah total responden, sehingga akan di dapat satu angka yang disebut nilai total
·         Nilai indeks di dapat dari jumlah rata-rata nilai total semua item yang di survey
·         Nilai indeks adalah nilai kepuasan pelanggan terhadap kinerja PT Samudra Teknindo Hydraumatic
·         Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan adalah dengan menggunakan metode Gap Analisis Statict(GAS) yaitu dengan membandingkan nilai indeks yang di peroleh terhadap nilai harapan pelanggan (HK)
·         Dari perbandingan tersebut akan di hasilkan angka.rasio Ni/HK dengan kriteria sebagai berikut:
Ø  0,25-0,44         : Sangat kurang
Ø  O,50-0,74        : Kurang
Ø  0,75-0,99         : Memuasakan
Ø  1.00-                : Sangat memuasakan
















BAB V
PENUTUP


A.           Kesimpulan
Berdasarkan hasil observasi dilakukan pada tanggal 24 November & 1 Desember di PT Samudra Teknindo Hydraumatic merupakan salah satu Perusahaan Manufactur yang memproduksi barang, seperti  besi pipa dan tabung, pipa gorong gorong / gelombang, pipa segi enam, pipa segi delapan, pipa bulat, pipa flat elliptical, pipa kotak persegi, pipa opal, struktur baja & konstruksi baja, baja bekisting & scaffolding, mesin & peralatan migas, mesin & peralatan pertanian & kehutanan, produk, komponen dan peralatan yang menggunakan besi, tiang telekomunikasi, sistem hidrolik (hydraulic system), mesin industri baja, peralatan & alat, pompa untuk industri (industrial pump), sistem penomatik/ angin (pneumatic system), derek hidrolik (hydraulic winches).

B.            Saran
Dengan adanya kegiatan observasi ini, kita dapat memahami tentang bagaimana cara menganalisa sebuah laporan. Untuk itu kritik dan saran kami butuhkan agar laporan observasi ini menjadi lebih baik lagi.








Lampiran 2
DOKUMENTASI

 Description: C:\Users\asus\Pictures\20161124_165454.jpg   Description: C:\Users\asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG-20161207-WA0030.jpg
Alat Pemotong Logam                                                                   Proses Pembubutan                                                      
Description: C:\Users\asus\Pictures\20161124_165433.jpg       Description: C:\Users\asus\Pictures\20161124_165425.jpg
Alat Pembubutan                                                        Alat Milling
 Description: C:\Users\asus\Pictures\20161124_164440.jpg  Description: C:\Users\asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG-20161207-WA0027.jpg
Pembuatan Tangki dan yang Belum Di Cat                           Tangki yang Sudah di Cat

Description: C:\Users\asus\Pictures\20161124_164528.jpg   Description: C:\Users\asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG-20161207-WA0022.jpg
Alat Penyuplai Gas                                                     Proses Pembelahan Besi
Description: C:\Users\asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG-20161207-WA0010.jpg  Description: C:\Users\asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG-20161207-WA0013.jpg

Description: C:\Users\asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG-20161124-WA0018.jpg   Description: C:\Users\asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG-20161124-WA0013.jpg






0 komentar:

Posting Komentar